BELAJAR MEMBUAT PODCAST UNTUK PEMBELAJARAN

BELAJAR MEMBUAT PODCAST UNTUK PEMBELAJARAN

                              Jumriah, M.Pd - SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar


Assalamualaikum wr.wb.... 

Hai sahabat bloggers... Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang terpenting di dalam sebuah kegiatan belajar mengajar. Saat ini, ada banyak ragam dan jenis media pembelajaran yang dapat sahabat bloggers manfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat sahabat bloggers manfaatkan, yaitu Podcast. Podcast merupakan singkatan dari Portable on Demand Broadcast. Sebuah teknologi saluran distribusi konten audio melalui internet yang mulai dikenal sejak awal tahun 2004. Podcast berawal dari iPod Cast–Broadcasting, salah satu fitur iTunes pada perangkat Apple.

Podcast untuk pembelajaran adalah bagaimana memanfaatkan podcast untuk kepentingan pencapaian tujuan pembelajaran. Jika sahabat bloggers ingin memanfaatkan podcast untuk pembelajaran, sahabat bloggers dapat mengakses web Suara Edukasi, Aplikasi TV Edukasi, Spotify, dan lain-lain. Berikut adalah akses laman Radio Suara Edukasi: http://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/. Tersedia konten-konten pembelajaran yang dikategorisasikan menurut jenjang pendidikan. Selain memanfaatkan konten-konten podcast yang sudah ada, sahabat bloggers juga dapat membuat sendiri podcast untuk pembelajaran dengan menggunakan aplikasi gratis yang tersedia, misalnya dengan menggunakan aplikasi Anchor

Sebelum sahabat bloggers memutuskan untuk memanfaatkan podcast dalam pembelajaran, ada baiknya sahabat bloggers mengenal terlebih dahulu keunggulan dan keterbatasan podcast. 

Adapun keunggulan podcast, yaitu auditif, theatre of mind, personal, fleksibel aksesibilitasnya, repeatable, dapat didengarkan berulang, hemat bandwith, dan dapat didengarkan sambil melakukan kegiatan lain yang tidak membutuhkan konsentrasi.

Selain itu, podcast juga memiliki keterbatasan yaitu podcast audio berbasis konten suara, tidak nampak visualisasinya, sehingga kurang efektif jika digunakan untuk menyampaikan pesan yang bersifat abstrak. Serta sifatnya yang searah (one way communication).

Sahabat bloggers... 

Kali ini, saya belajar membuat podcast untuk pembelajaran. Adapun langkah-langkah pembuatan podcast untuk pembelajaran yaitu:

1.  Membuat Garis Besar Isi Media (GBIM).

2.  Membuat Jabaran Materi (JM).

3.  Menyusun Naskah.

     Berikut ini contoh GBIM, JM, dan Naskah Podcast yang saya buat:



4.  Membuat podcast menggunakan aplikasi Anchor.

Untuk melihat contoh podcast untuk pembelajaran yang telah saya buat, silahkan klik link berikut ini:  https://anchor.fm/tj-monsa/episodes/Kegiatan-Belajar-7-Subtema-3-Tema-2-ejdm71/Podcast-Pembelajaran-Tema-2-Subtema-3-Kegiatan-Belajar-7-a36bp0r



Nah, sahabat
bloggers...  demikian contoh podcast untuk pembelajaran yang telah saya buat. Podcast ini akan saya gunakan pada pembelajaran Kelas Maya saya di kelas 3 SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar, pada pembelajaran Tema 2 Subtema 3.


Karena saya masih dalam tahap belajar membuat podcast untuk pembelajaran, tentunya ada banyak kekurangan pada contoh podcast di atas. Oleh karena itu, kritik dan saran senantiasa saya harapkan demi peningkatan kualitas podcast untuk pembelajaran saya nantinya. 


Terima Kasih... Wassalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA PENGALAMAN MENGIKUTI BIMTEK PEMENUHAN GURU PEMBIMBING KHUSUS ANGKATAN 4 PENDIDIKAN MENENGAH & PENDIDIKAN KHUSUS TAHUN 2020